PENGARUH PENYAMPAIAN INFORMASI DARI ATASAN KEPADA BAWAHAN TERHADAP MOTIVASI KARYAWAN PLN UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) YOGYGAKARTA

Luthfan Rahmanda Allam, Suranto Aw

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyampaian informasi dari atasan kepada bawahan terhadap motivasi kerja karyawan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta.Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Ex-post Facto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Pengolahan data hasil kuesioner menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22.0. Pada uji validitas, variabel X dinyatakan 7 item tidak valid dari total 24 item, dan variabel Y dinyatakan 4 item tidak valid dari total 19 item. Pada uji reliabilitas kedua variabel dinyatakan reliabel. Populasi dalam penelitian ini adalah semua 57 karyawan aktif bekerja di Kantor PLN UP3 Yogyakarta. Karena penelitian ini termasuk penelitian sensus, maka semua anggota populasi menjadi responden. Analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan ditunjukkan bahwa penyampaian informasi dari atasan kepada bawahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja karyawan PLN UP3 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan nilai F hitung > F tabel (6,473 > 4,02) atau signifikansi < 0,05 (0,14 < 0,05), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Kata kunci: Penyampaian informasi, atasan-bawahan, motivasi kerja karyawan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v2i3.16309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ilmu Komunikasi

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats