OTOMATISASI PENGENDALIAN PENCAHAYAAN UNTUK TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DENGAN SISTEM TANAM HIDROPONIK DI DALAM GREENHOUSE LIGHTING CONTROL AUTOMATIZATION FOR LETTUCE (Lactuca sativa L.) WITH HYDROPONIC SYSTEM IN GREENHOUSE

Dyah Fajar Komala, Sumarna Sumarna

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk (1) merancang dan membuat sebuah alat kontrol intensitas cahaya otomatis untuk tanaman selada dengan sistem tanam hidroponik di dalam greenhouse berukuran (61 x 50 x 52) cm3 sesuai dengan nilai set point, yaitu 25 lx, (2) menganalisis sistem kontrol dari fungsi transfer yang diperoleh, dan (3) mengetahui pengaruh kontrol intensitas cahaya terhadap pertumbuhan tanaman selada di dalam greenhouse. Sensor fotodioda dalam penelitian ini digunakan untuk mendeteksi intensitas cahaya. Rangkaian yang digunakan adalah Transimpedance Amplifier (TIA) yang dapat menguatkan arus yang dihasilkan fotodioda ketika menerima cahaya dan mengubahnya menjadi keluaran tegangan yang kemudian dibandingkan dengan nilai set point oleh mikrokontroler Arduino. Pengontrolan dilakukan secara closed-loop menggunakan saklar transistor dan relay untuk mengatur lampu LED dalam keadaan on atau off. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem kontrol yang telah dibuat mampu bekerja sesuai dengan set point yang ditentukan, yaitu pada tegangan 2 V atau setara dengan intensitas sebesar 25 lx. Tanaman selada yang dikontrol mengalami pertumbuhan lebih baik daripada yang tidak dikontrol, yaitu selada memiliki daun sebanyak 7-11 helai dengan ukuran rata-rata 5 cm dan berwarna hijau-kekuningan.

 

 

Kata kunci: sistem kontrol, intensitas cahaya, fotodioda, LED, tanaman selada.

 

Abstract

            This research aimed (1) to design and make an automatic control device of light intensity for lettuce with hydroponic system in greenhouse with size (61 x 50 x 52) cm3 based on its set point, that was 25 lx, (2) to analyze control system from transfer function, and (3) to determine the influence of light intensity control to growth of lettuce in greenhouse. In this research, photodiode was used as a sensor to detect light intensity. The circuit used was Transimpedance Amplifier (TIA) that amplified photodiode current when it received light and converted it into voltage; then the voltage was compared to the set point by Arduino microcontroller. The controlling process worked with closed-loop using transistor switch and relay to turn LED on or turn LED off. The result of this research showed that the control system that had been created was able to work in accordance to a specified set point, which was at a voltage of 2 V or equivalent to an intensity of 25 lx. Lettuces that were controlled grew better than the ones that were not; each lettuce has about 7-11 leaves with average size of 5 cm and green-yellowish leaves.

 

Keywords: control system, light intensity, photodiode, LED, lettuce.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Fisika