PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK PESERTA KURSUS DI SWIFT ENGLISH SCHOOL YOGYAKARTA

Pipit Yusuf Fendy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media e-Learning “Be-Swiftenglish” berbasis moodle yang layak digunakan bagi peserta kursus di lembaga Swift English School Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian pengembangan ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (research and development) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Borg and Gall. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta kursus lembaga Swift English School Yogyakarta, analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan kelayakan media e-Learning sebagai berikut, 1) Dihasilkan media e-Learning “Be-swiftenglish” yang layak dengan 3 pokok bahasan The Comfortable Room, You Look Outstanding, dan I Need Your Suggestions. 2) Hasil validasi dari materi memperoleh skor rata-rata 4 kategori layak, dan hasil validasi dari ahli media memperoleh skor rata-rata 3,8 kategori layak. 3) Respon peserta kursus terhadap e-Learning berdasarkan hasil uji coba yaitu uji coba tahap awal diperoleh skor rata-rata 3,4, uji coba lapangan diperoleh skor rata-rata 3,9, dan uji pelaksanaan pemakaian diperoleh skor rata-rata 3,7. Hasil keseluruhan uji coba e-Learning “Be-Swiftenglish” menunjukkan kriteria baik dari penilaian peserta kursus dengan kategori “layak”.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter