EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MATEMATIKA SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG

Tri Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis flash terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Bungkus Parangtritis Kretek Bantul. Dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di SD Negeri II Sono Paragtritis kretek Bantul Pada matapelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian true eksperimen. Sampel penelitiannya adalah siswa Kelas V SD Negeri Bungkus Parangtritis Kretek Bantul dan SD Negeri II Sono Parangtritis kretek Bantul sejumlah 32 siswa. Terdiri dari 16 siswa SD Negeri Bungkus Parangtritis Kretek Bantul dan 16 siswa SD Negeri II Sono. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran berbasis flash dan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan media CD Interaktif lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut berdasarkan analisis uji-t kedua kelompok, diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”yaitu (18,478), yang mana lebih besar dari π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (2,134) dan memperoleh nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis flash lebih signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter