PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DAN METODE EKSPOSITORY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD

Thobing Susilo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan metode jarimatika dan metode ekspository terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas III SD di Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah sebanyak 19 siswa SDN Mojopurno 1 sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 19 siswa di SD N Bantengan 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T Test. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan penggunaan metode jarimatika dan metode ekspository terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas III SD di Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (6,376>2,028) dan nilai signifikansi sebesar 0,00<0,05. Hasil analisis data pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata postest lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest (80,26>59,47); dan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata postest lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest (67,63>59,74).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter