IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGULAN DI KABUPATEN PURWOREJO

Lilis Tri Karyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific pada kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Cangkrep Kidul, Sekolah Dasar Negeri Tangkisan, dan Sekolah Dasar Negeri Guyangan Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model Miles & Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan awal yaitu yaitu berdoa, presensi kehadiran siswa, apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi, menjelaskan materi yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. 2) kegiatan inti sudah pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan sudah diterapkan, tetapi belum optimal. 3) kegiatan akhir yaitu berdoa, guru memberi tugas rumah, menyampaikan pembelajaran di pertemuan berikutnya dan memberi evaluasi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter