PENERAPAN LANGKAH-LANGKAH MODEL ASSURE DALAM PEMILIHAN MEDIA MATA PELAJARAN IPA OLEH GURU SD NEGERI KELAS RENDAH SE-KECAMATAN SEYEGAN

Fitra Kurniawati

Abstract


Proses pembelajaran yang baik memerlukan partisipasi siswa. Diperlukan media pembelajaran agar dapat lebih mengoptimalkan peran serta siswa. Pemilihan dan perancangan media yang baik membantu guru dan siswa untuk berkomunikasi dua arah secara aktif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model ASSURE dalam pemilihan media oleh guru Mata Pelajaran IPA di SD Negeri kelas rendah Se-Kecamatan Seyegan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi, yaitu 60 guru kelas rendah dari 20 SD Negeri Se-Kecamatan Seyegan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan menerapkan langkah-langkah model ASSURE dalam Pemilihan Media Mata Pelajaran IPA oleh guru SD Negeri Kelas Rendah Se-Kecamatan Seyegan sebesar 72,03%. Secara rinci penerapan langkah model ASSURE adalah sebagai berikut (1) Analyze learner sebesar 82,24%, (2) State standardts and objective sebesar 64,72%, (3) Select strategies, technology, media and materials sebesar 70,19%, (4) Utilize technology, media and materials sebesar 71,36%, (5) Require learner participation sebesar 71%, (6) Evaluate and revise sebesar 71,92%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter