PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK KETERLAMBATAN WICARA DI KB-TK LABORATORI PEDAGOGIA YOGYAKARTA

Eggi Sutanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif yang layak digunakan untuk anak yang memiliki keterlambatan wicara di KB-TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta. Pendekatan penelitian menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif layak digunakan untuk anak yang memiliki keterlambatan wicara di KB-TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta. Multimedia pembelajaran interaktif layak digunakan oleh anak keterlambatan wicara di KB-TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 3,62 kategori layak, dan hasil validasi oleh dua ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,54 kategori layak. Respon siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif berdasarkan hasil uji coba kepada anak yaitu pada uji coba produk memperoleh skor rata-rata 0,69 kategori layak. Dan uji coba pemakaian memperoleh skor rata-rata 1 kategori layak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter