PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Amalia Asih

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran IPS materi Kerajaan Budha dan Peninggalannya di Indonesia yang layak bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh meliputi penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan, format produk awal yang didalamnya meliputi validasi ahli materi dan validasi ahli media, uji coba awal, merevisi hasil uji coba awal, uji coba lapangan, merevisi hasil uji coba lapangan, uji lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media dan siswa kelas V sebagai subjek uji validasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari serangkaian uji coba serta validasi ahli dinyatakan layak. Penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4,29 termasuk kategori layak, penilaian ahli media dengan rata-rata skor 4,12 termasuk kategori layak, uji coba lapangan awal mendapatkan skor 0,96 termasuk kategori layak, uji coba lapangan utama mendapatkan skor 1 termasuk kategori layak dan uji coba lapangan operasional mendapatkan skor 1 termasuk kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Multimedia Pembelajaran IPS materi Kerajaan Budha dan Peninggalannya di Indonesia untuk pembelajaran kelas V SD Negeri Wojo Bantul Yogyakarta layak digunakan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter