EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO “SOLUSI PINTAR JELAS DAN MUDAH” (SPLASH) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA TUNANETRA DI MTsLB YAKETUNIS YOGYAKARTA

Ruth Delani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio SPLASH terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunanetra kelas VII di MTsLB Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII C di MTsLB Yaketunis Yogyakarta yang berjumlah 4 orang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik parametrik dengan uji rerata. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio SPLASH efektif terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunanetra kelas VII di MTsLB Yaketunis. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor pre-test adalah 65 dan rata-rata skor post-test adalah 82,5 sehingga dapat dilihat terjadi peningkatan setelah menggunakan media audio SPLASH sebesar 17,5.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter