PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH INKLUSI KELAS IV SD NEGERI JOLOSUTRO, PIYUNGAN, BANTUL

Riski Purnama Dewi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil pembelajaran sekolah inklusi kelas IV SD Negeri Jolosutro, Piyungan, Bantul yang meliputi penggunaan metode pembelajaran, penggunaaan media pembelajaran, hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran dan upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi seorang guru kelas IV, seorang guru pendamping khusus, siswa kelas IV sejumlah 32 siswa terdiri dari siswa reguler dan beberapa slow learner. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman (2014: 19). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Penggunaan metode pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran sekolah inklusi kelas IV SD Negeri Jolosutro, metode yang digunakan antara lain: ceramah, demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas, presentasi, diskusi, dan berbasis masalah., cara pemilihan metode yaitu dengan melihat materi pelajaran., metode pembelajaran yang paling sering digunakan dan disukai siswa adalah diskusi., 2) Penggunaan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran kelas IV menyesuaikan pada materi pelajaran., media yang digunakan antara lain: papan tulis, powerpoint, LCD, laptop, BSE, video dan media sederhana yang konkret, mudah dipahami, dan sesuai ketertarikan siswa., media pembelajaran yang paling disenangi siswa adalah yang berbasis komputer., 3) Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu siswa reguler terganggu dengan teman-temannya yang ramai di kelas, guru sulit mengkondisikan kelas dan harus menjelaskan materi secara berkali-kali kepada siswa slow learner, 4) Upaya guru dalam mengatasi hambatan adalah guru selalu memulai pelajaran saat semua siswa tenang, memberi pendekatan, motivasi, dan pendampingan kepada siswa slow learner.
Kata kunci: pembelajaran, sekolah inklusi


Abstract
This study aims to describe the implementation and outcomes of learning inclusion school of SD Negeri Jolosutro, Piyungan, Bantul fourth grade, which includes the use of learning methods, the use of instructional media, obstacles to the implementation of learning and teachers effort in overcoming such obtacles. This research is qualitative descriptive study, with research subject include a fourth grade teacher, a teacher assistant special, 32 fourth grade students composed of regular students and some slow learner students. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data validation was done through triangulation data. Data were analyzed using descriptive qualitative interactive model of Milles and Huberman. The result showed that: 1) The use of learning methods include lectures, demonstrations, discussion, assignments, presentations, discussions and problem-based, way of selection by viewing the material, the learning method that is often used is the discussion., 2) the use of instructional media of them: blackboard, powerpoint, LCD, laptop, BSE, videos and props concrete adjust the material, easily understood, appropriate interest student, were the favorites of students are computer-based and easy to use., 3) obstacles in the implementation of learning that reguler students distrubed by his friends crowded in the classroom, the teachers is difficult to conditions the classroom and should explain the material many times to slow learner students., 4) efforts of teachers in overcoming obtacles is the teacher started the lesson when all students are quiet, giving approach, motivation, and mentoring to slow learner students.
Keywords: learning, inclusion school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter