PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI HANACARAKA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF AKSARA JAWA KELAS 4 SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA

Indy Annisa Persada

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Hanacaraka terhadap hasil belajar siswa kelas 4 di SD N Giwangan Yogyakarta. Aplikasi Hanacaraka perlu diketahui efektifitasnya dalam penggunaannya pada pembelajaran bahasa jawa khususnya untuk keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4A SD N Giwangan yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan gain skor untuk menghitung selisih rerata pretest dan posttest. Hasil menunjukan ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan aplikasi Hanacaraka. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar sebelum perlakuan adalah 38,4, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar setelah perlakuan adalah 53. Sehingga membuktikan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) yang berupa adanya pengaruh positif dari penggunaan aplikasi Hanacaraka terhadap hasil belajar kognitif diterima. Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan aplikasi Hanacaraka berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas 4A SD N Giwangan Yogyakarta.
Kata kunci : Aplikasi Hanacaraka, hasil belajar, aksara jawa


The aim of this research is to recognize the effectiveness of Hanacaraka apps toward students’ learning result in grade 4 of SD N Giwangan Yogyakarta. This apps is used to Javanese lesson especially for writing and reading aksara Jawa (Javanese letter). This research is quantitative research with quasi experiment. The research design is one group pre-test post-test design. The research subject is 30 students of grade 4A in SD N Giwangan Yogyakarta. Data collection techniques are interview, test, and documentation. Data analysis is descriptive quantitative. Data analysis technique is gain score to find the mean of pretest and posttest. Research result shows that there is different between before and after using Hanacaraka apps. It can be seen from students mean before treatment is 38,4 while after treatment is 53. It shows that Ha is accepted which there is positive effectiveness of Hanacaraka apps towards cognitive learning result. The conclusion is the use of Hanacaraka apps is effective for student learing result at class 4A SD N Giwangan Yogyakarta.
Keyword : Hanacaraka apps, learning result, aksara Jawa (Javanese letter)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter