PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS II SD

Muhammad Ikhwanul Muslimin

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas II B SD Muhammadiyah Karangtengah Bantul Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif . Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan: 1) Pengetahuan awal 23 siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran video animasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 65,97 (mean pretest). 2) Pengetahuan siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran video animasi menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata yang dicapai yaitu 76,84 (mean posttest). Sehingga selisih antara mean pretest dan mean posttest adalah sebesar 10,87. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas II B SD Muhammadiyah Karangtengah Bantul Yogyakarta.
Kata kunci: media video animasi, hasil belajar, SD


Abstrack
This study aims to determine the effect of the use of learning media video animation on learning outcomes Civics class II B Karangtengah SD Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. The approach used in this study is the quantitative approach. This type of research is pre-experimental research design with one group pretest-posttest design. Data analysis technique used is descriptive statistics. Based on the research that has been done, the conclusion: 1) Knowledge of the initial 23 students before being given treatment using instructional media video animation shows the average value of 65.97 (mean pretest). 2) Knowledge of students after being given treatment using instructional media video animation shows an increase in the average value achieved is 76.84 (mean posttest). So that the mean difference between pretest and posttest mean is equal to 10.87. Thus, this study shows that there is the influence of media use video animation on learning outcomes Civics class II B Karangtengah SD Muhammadiyah Bantul Yogyakarta.
Keywords: media video animation, learning outcomes, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter