PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMPN 5 YOGYAKARTA

Aknes Wahyuningtyas Fajarwati

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di SMPN 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dilihat dari intensitas kunjungan yang ada adalah 2-3 kali dalam satu minggu. Jenis kegiatan yang dilakukan diantaranya yaitu kegiatan penugasan dari guru, kegiatan pemanfaatan koleksi, dan kegiatan pemanfaatan fasilitas. 2) Faktor yang mempengaruhi tingkat pemanfaatan perpustakaan yaitu kenyamanan perpustakaan, kelengkapan koleksi, ketersediaan fasilitas, pelayanan perpustakaan, dan juga dari minat dan kebutuhan pengunjung. 3) Kelebihan perpustakaan adalah desain ruang tidak monoton, kelengkapan koleksi, kelengkapan sarana dan prasarana, serta pelayanan yang baik. Sedangkan kelemahannya adalah lambatnya pembaharuan koleksi penunjang lomba, lambatnya perbaikan fasilitas yang bermasalah.
Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan, perpustakaan sekolah, sumber belajar

Abstract
This study aims to determine the use of school libraries as a source of learning at SMPN 5 Yogyakarta. This research is a descriptive study using a qualitative approach. Data collection techniques were carried out using the method of observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used in data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Triangulation used is the source and method. The results showed that: 1) the use of the library as a learning source viewed from the intensity of the visit is 2-3 times a week. The types of activities carried out include the assignment of teachers, collection activities, and facilities utilization activities. 2) Factors that influence the level of library utilization are library comfort, completeness of collection, availability of facilities, library services, and also from the interests and needs of visitors. 3) The strengths of the library are the non-monotonous space design, the complete collection, the complete facilities and infrastructure, and good service. While the weaknesses are the slow renewal of the collection supporting the competition, the slow repair of problematic facilities.
Keywords: library utilization, school library, learning resource


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter