PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH KEHIDUPAN SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) YOGYAKARTA

Siti Halimah

Abstract


Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran di sekolah kehidupan Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitian meliputi ketua PKBM, 5 orang fasilitator, dan 10 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran menggunakan paradigma konstruktivistik, meliputi kegiatan analisis minat dan bakat serta skema target dasar belajar. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pedagogi kritis, meliputi waktu dan tempat pembelajaran, metode yang digunakan adalah metode riset dan metode diskusi, media pembelajaran berbasis lingkungan, peran fasilitator menemani dan membantu anak mengkontruksikan peserta didik menemukan pengetahuannya. 3) Evaluasi pembelajaran menggunakan paradigma pedagogi kritis, bentuk evaluasi yang sering digunakan adalah presentasi hasil riset dan review pembelajaran yang berlangsung selama satu semester. Hasil dari evaluasi dituangkan dalam rapot narasi yang mencakup aspek kognitif, afektif, psikomotor, emosional dan sosial-budaya.
Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Sekolah Kehidupan Sanggar Anak Alam
Abstract
The study aims to describe the implementation of learning in the school of life of Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta which includes planning, implementing, and evaluating learning. This research is a type of descriptive research with a qualitative approach, the subject of the study includes the PKBM chairperson, 5 facilitators, and 10 students. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. The results of the study show that: 1) Planning learning uses a constructivist paradigm, including the activity of analyzing interests and talents and the basic target learning scheme. 2) The implementation of learning using critical pedagogy, covering the time and place of learning, the methods used are research methods and discussion methods, environment-based learning media, the role of facilitators accompany and help children construct students to find knowledge. 3) Evaluation of learning using the paradigm of critical pedagogy, the form of evaluation that is often used is the presentation of research results and review of learning that lasts for one semester. The results of the evaluation are outlined in a narrative report that covers cognitive, affective, psychomotor, emotional and socio-cultural aspects.
Keywords: Implementation of learning, Sanggar Anak Alam life school

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter