ANALISIS KONTEN ANIMASI “KAMPUNG EDU” DI TELEVISI EDUKASI DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN

Niken Setyaningsih

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi berupa gambaran mengenai bentuk penerapan prinsip desain pesan pembelajaran dalam animasi “Kampung Edu” di Televisi Edukasi terkait konten yang disajikan dari aspek prinsip kesiapan dan motivasi, penggunaan alat pemusat perhatian, partisipasi aktif, umpan balik dan perulangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penerapan prinsip desain pesan pembelajaran dalam animasi “Kampung Edu” di Televisi Edukasi. Adapun bentuk penerapan prinsip desain pembelajaran, sebagai berikut: 1) kesiapan dan motivasi meliputi penampilan judul, perkenalan karakter, penyampaian misi karakter, dan pengondisian penonton, dan penyampaian manfaat film; 2) penggunaan alat pemusat perhatian meliputi meliputi penggunaan daya tarik karakter, humor, rasa takut, kesalahan, rasional, emosional, musik, dan teknik penyajian yang bevariasi; 3) partisipasi aktif dibuktikan dengan adanya partisipasi mental; 4) umpan balik meliputi umpan balik yang bersifat informatif, umpan baik dengan tujuan mengoreksi, umpan balik dengan tujuan memperingatkan, serta umpan balik dengan tujuan memotivasi; 5) perulangan dibuktikan dengan adanya tinjauan selintas awal mengenai inti dari isi cerita, kesimpulan dan pengulangan penyajian pesan atau informasi.
Kata kunci: prinsip desain pesan pembelajaran, animasi kampung edu, televisi edukasi.

Abstract
This study aimed to describe the form of the instructional message design principles application in the “Kampung Edu” animation on Televisi Edukasi, related to the content presented on the aspect of the principles of readiness and motivation, attention, active participation, feedback, and repetition. This study used content analysis method. The results showed that the content presented in the“Kampung Edu” animation on Televisi Edukasi apply the instructional message design principles. The form of the application of the instructional message design principles, as follows: 1) readiness and motivation, includes the appearance of the title, the main character introduction, informing the character missions, conditioning the audience, and informing the film benefits; 2) attention, includes the use character appeal, humor appeal, fear appeal, error appeal, rational appeal, emotional appeal, music appeal, and the use of varied presentation techniques; 3) active participation, is evidenced by mental participation; 4) feedback, includes informative feedback, corrective feedback, warning feedback, and motivating feedback; 5) repetition, is evidenced by an initial contemplation of the story content, conclusions, and repetitions of messages or informations.
Keywords: instructional message design principles, kampung edu animation, televisi edukasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter