EFEKTIVITAS VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Nur Alfitri Mawarsari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video terhadap kemampuan motorik kasar anak di TK Pertiwi Kebon Bayat Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design menggunakan desain one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian adalah anak usia 5-6 tahun tergabung dalam kelompok B dan berjumlah 22 anak. Data diambil dengan metode observasi dengan checklist sebagai instrumennya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan rerata. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media video tari nusantara efektif terhadap kemampuan motorik kasar anak. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pretest sebesar 11,59 kategori berkembang sesuai harapan dan hasil posttest sebesar 15,82 kategori berkembang sangat baik, memiliki selisih nilai sebesar 4,23. Hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video tari nusantara terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Pertiwi Kebon Bayat Klaten sudah efektif.
Kata kunci : media video, motorik kasar, taman kanak-kanak.

Abstract
This study aims to determine the effectiveness of the use of video media on the abusive motor skills of children in nursery school Kebon, Bayat, Klaten. This research is a quasi experimental design research using one group pretest-posttest design. Subjects in the study were children aged 5-6 years who joined in group B and amounted to 22 children. Data is taken by observation method with checklist as its instrument. Data analysis technique used in this research is descriptive analysis technique using mean. The results show that the use of video media of domestic dance is effective against the abusive motor abilities of children. This can be proven from the pretest result of 11.59 (growing as expected) and the posttest result of 15.82 (developed very well), has a difference of 4.23. The results of the data can be concluded that the use of video media dance archipelago against the motor abusive ability of children group B in nursery school Kebon Bayat Klaten already effective.
Keywords: video media, rough motor, kindergarten.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter