PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI BACIRO KOTA YOGYAKARTA

Reny Prastyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan inklusi, 2) faktor pendukung dan penghambat, 3) upaya mengatasi faktor penghambat pelaksanaan pendidikan inklusi. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri Baciro Yogyakarta pada Juni-Juli 2017. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan GPK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil penelitian : 1) aspek perencanaan, guru memodifikasi kurikulum dan perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kemampuan siswa, 2) aspek pelaksanaan terdiri dari kegiatan awal, inti dan penutup, 3) aspek evaluasi, guru memberikan soal mengenai materi yang telah diajarkan. Faktor pendukung yaitu siswa reguler sangat menghargai keberadaan siswa ABK serta adanya pelatihan pendidikan inklusi bagi guru. Faktor penghambat yaitu GPK masih terbatas, latar belakang pendidikan guru mayoritas bukan dari PLB, fasilitas pembelajaran kurang. Upaya mengatasi faktor penghambat: memberikan pelatihan dan mengajukan proposal bantuan untuk pemenuhan fasilitas pendukung pendidikan inklusi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.