KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM PROGRAM KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SEWON KABUPATEN BANTUL

Irfan Guntara Hartanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sarana dan prasarana kelas khusus olahraga SMAN 1 Sewon ditinjau dari aspek ketersediaan dan kondisi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dengan instrumen checklist sebagai teknik utama serta teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) Aspek ketersediaan sarana kelas khusus olahraga termasuk dalam kategori sangat memadai (88,04%) yang meliputi: cabang olahraga wajib (81,25%), cabang olahraga permainan (97,2%), cabang olahraga bela diri (100%), cabang olahraga ekstra (59,1%). (2) Aspek ketersediaan prasarana masuk dalam kategori memadai (83,78%). (3) Aspek kondisi sarana kelas khusus olahraga termasuk dalam kategori sangat baik (85,14%) yang meliputi: cabang olahraga wajib (75%), cabang olahraga permainan (94,4%), cabang olahraga bela diri (94,7%), cabang olahraga ekstra (56,8%). (4) Aspek kondisi prasarana kelas khusus olahraga termasuk dalam kategori baik (74,3%).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.