PENGELOLAAN TAMAN KANAK-KANAK BINA ANAK SHOLEH GIWANGAN YOGYAKARTA

Ayu Istikomalah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sekolah yang ada di Taman Kanak-Kanak Bina Anak Sholeh Giwangan Yogyakarta, yang meliputi Peserta Didik, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Kurikulum, Sarana Prasarana, dan Humas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian:1) Penerimaan peserta didik baru menggunakan sistem rasio 1:10, calon peserta didik diseleksi melalui proses Screening. 2) Penerimaan Tenaga pendidik dan kependidikan langsung dibuka apabila ada kebutuhan tenaga, calon Tenaga pendidik harus bersedia mengikuti diklat selama enam bulan di Yogyakarta. 3) Kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum Yayasan Bias dan Kurikulum Dinas, pembelajaran dikelas menggunakan metode small group. 4) Pengadaan, dan penghapusan dilakukan berdasarkan kondisi dan keterlayakan sarana dan prasarana, pemeliharaan dilakukan rutin setiap hari dengan target bersih dan wangi. 5) Kehumasan Bias tidak berjenjang dan terpusat di yayasan, kemitraan humas Bias sendiri dilakukan dengan orangtua peserta didik, masyarakat sekitar dan lembaga tertentu yang tidak bertentangan dengan prinsip Yayasan Bias itu sendiri.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.