PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN OLEH GURU SEKOLAH DASAR LUAR BIASA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Wnodya Harum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan oleh guru sekolah dasar luar biasa di SLBN Pembina Yogyakarta meliputi: (1) kegiatan pemanfaatan perpustakaan; (2) proses kegiatan pemanfaatan perpustakaan. Hasil penelitian yaitu: (1) Jenis kegiatan pemanfaatan perpustakaan yang dilakukan oleh guru yaitu: (a)memperkenalkan koleksi bahan pustaka kepada siswa, (b) guru meminjam buku di perpustakaan, (c) guru menggunakan perpustakaan untuk kegiatan belajar mengajar; (2) Proses setiap kegiatan pemanfaatan yang dilakukan guru meliputi: (a) Guru mengajak siswa berkunjung ke perpustakaan kemudian memperlihatkan buku secara langsungdan membiarkan siswa mengamati dan melihat buku,untuk anak yang berkarakteristik tunagrahita ringan guru akan mengarahkan untuk mencari buku sesuai dengan kesukaanya; (b)  Guru meminjam buku di perpustakaan sesuai dengan materi yang diajarkan di kelas kemudian membagikan ke siswa untuk dipelajari, setelah selesai guru mengembalikan buku ke perpustakaan; (c) Untuk kegiatan belajar mengajar yang membutuhkan media belajar, guru mengajak siswa untuk belajar di perpustakaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.