PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BAGI TENAGA PENDIDIK PAUD NON FORMAL DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN BANTUL

NILA KUSUMAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan program pendidikan dan pelatihan bagi pendidik PAUD non formal yang diselenggarakan oleh Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bantul.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif studi kasus. Setting penelitian di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bantul. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bantul, Ketua Panitia Penyelenggara diklat, Kepala Lembaga PAUD non formal di Kabupaten Bantul, dan pendidik PAUD non formal selaku peserta diklat. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Analisis data dengan menggunakan moel interaktif Miles, Huberman dan Saldana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan yang dilakukan oleh penyelenggara diklat meliputi  analisis pekerjaan, menentukan tujuan, serta melaksanakan persiapan administratif, dan persiapan edukatif. Persiapan administratif dan persiapan edukatif terdiri dari: (a) persiapan administratif diklat yang meliputi: pembentukan tim pelaksana, koordinasi antar unsur yang terlibat, meenentukan persyaratan sebagai peserta diklat, persiapan terhadap kebutuhan administrasi dan persuratan dalam program diklat, menetapkan kebutuhan diklat melalui pos-pos pembiayaan adminisratif dan pos pembiayaan edukatif, serta menetapkan kebutuhan-kebutuhan sarana dan prasarana yang digunakan. (b) persiapan edukatif diklat yang meliputi: penetapan materi diklat, penetapan tenaga pengajar, pemilihan strategi dan metode dalam penyampaian diklat, serta menyusun jadwal diklat. (2) pelaksanaan diklat meliputi kegiatan yang berbentuk seremonial dan perkuliahan. (3) evaluasi diklat dilaksanakan berdasarkan waktu yaitu sebelum diklat diselenggarakan, selama diklat berlangsung, dan setelah diklat berakhir. Aspek-aspek yang dievaluasi meliputi peserta diklat, narasumber diklat, dan  penyelenggaraan yaitu kualitas fasilitas dan penyelenggaraan diklat secara keseluruhan. Instrumen evaluasi diklat yang digunakan meliputi pre test, post test, angket sosiometri, angket narasumber, dan angket kepuasaan penyelenggaraan diklat.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.