PERSEPSI GURU TENTANG IKLIM KERJA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN

Eti Septianingsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru tentang iklim kerja di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Iklim kerja yang dipersepsikan dilihat dari dimensi fisik, dimensi sosial dan dimensi akademik.

          Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Waktu penelitian dimulai dari Bulan Maret sampai Bulan Juli 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen yang berjumlah 165 guru yang ditentukan dengan teknik proportial random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner/angket tertutup. Pengujian validitas isi menggunakan expert judgment (uji ahli), sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus koefisien Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisi deskriptif dengan persentase.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi guru tentang iklim kerjadi Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen yaitu sebagai berikut. (1) dilihat dari dimensi fisik sebagian guru menyatakan sudah kondusif dengan persentase 66,5% dan pada kategori belum kondusif dengan persentase 33,5%. ((2) iklim kerja secara dimensi sosial sebagian guru menyatakan sudah kondusif dengan persentase 91,4% dan pada kategori belum kondusif dengan persentase 8,6%, (3) dilihat secara dimensi akademik sebagian guru menyatakan sudah kondusif dengan persentase 82,2% dan pada kategori belum kondusif dengan persentase 17,8%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.