IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK KONSELOR YANG DIINGINKAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE- KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

Tyas Charlina

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini berdasarkan ketidaknyamanan konseli untuk konseling dengan konselor yang ditandai dengan konseli tidak mau datang ke ruang BK. Konseli merasa konselor tidak sesuai dengan karakteristik yang konseli inginkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mencari krakteristik konselor yang diinginkan konseli.

Penelitian ini menggunakan pendakatan kuantitatif metode yang digunakan peneliti adalah penelitian survey. Subyek dipilih adalah pesertadidik SMA negeri Yogyakarta pada tahun 2018 dengan menggunakan proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 125 siswa Pengumpulan data menggunakan metode angket dan observasi. Teknik analisis data penelitian ini yakni teknik analisis kuantitatif deskriptif..

Hasil penilitian menunjukan karakteristik konselor sekolah yang diinginkan siswa SMA Negeri di Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta yang terbesar yaitu karakteristik penghargaan positif tanpa syarat sebesar 20,60% dengan butir karakter terbesar, yaitu konselor menerima dan memberikan bimbingan tanpa memandang status sosial.  Pada indikator karakteristik konselor kongruensi karakter terbesar yakni konselor menerima konseli tanpa pilih kasih. Semantera untuk indikator karakteristik konselor empati yang di.

 

Kata kunci: karakteristik konselor sekolah

 

Abstrack

 

This research uses quantitative approach the method used by researchers is survey research. The subjects were selected as Yogyakarta public senior high school students in 2018 using proportionate stratified random sampling, with 125 students taking the sample as the data collection using questionnaire and observation methods. The data analysis technique of this research is descriptive quantitative analysis technique The results of the study showed that the characteristics of school counselors desired by high school students in Gondokusuman District, Yogyakarta were the biggest characteristics of unconditional positive rewards of 20.60% with the greatest character points, namely counselors receiving and giving guidance regardless of social status. In the characteristic indicator of the biggest character congruence counselor, the counselor accepts the counselee without favoritism. Semantera for indicators of characteristics of empathy counselors

 

Keywords: characteristics counselor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.