APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MEMBANTU GURU DALAM MEMILIH JENIS MEDIA PEMBELAJARAN

Rizqi Aji Surya Putra, Priyanto Priyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pakar berbasis android untuk membantu guru
dalam memilih jenis media pembelajaran yang diberi nama “Pilih Media”. Pengembangan perangkat lunak
menggunakan metode waterfall. Tahap pengembangan meliputi proses Communication, Planning, Modeling,
Construction, dan Deployment. Pengujian perangkat lunak menggunakan enam dari delapan aspek standar ISO
25010, yaitu: functional suitability, performance efficiency, usability, reliability, maintainability, dan portability.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pengembangan aplikasi telah melalui serangkaian proses pengembangan
perangkat lunak. 2) hasil pengujian functional suitability menunjukkan semua fungsi dapat berjalan dengan “Sangat
Baik”; hasil pengujian performance efficiency diperoleh waktu rata-rata instalasi aplikasi dengan predikat “Cukup
Puas” dan waktu launching aplikasi dengan predikat “Sangat Puas”; hasil pengujian usability sebesar 80,39% atau
dengan kategori “Baik”; pengujian reliability aplikasi diperoleh nilai defect density sebesar 0 defect per KLOC
sehingga memenuhi standar McConnel; pengujian aspek maintainability diperoleh nilai rata-rata “Sangat Baik”;
pengujian aspek portability memiliki predikat “Sangat Baik”.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.