PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN MEREK ANYWAYPADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Yulius Putra Ady Rianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh keunggulan asosiasi merek terhadap pengambilan keputusan pembelian pakaian merek Anyway, (2) pengaruh kekuatan asosiasi merek terhadap pengambilan keputusan pembelian pakaian merek Anyway, (3) pengaruh keunikan asosiasi merek terhadap pengambilan keputusan pembelian pakaian merek Anyway, (4) keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian pakaian merek Anyway pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling.Desain penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keunggulan asosiasi merek (X1) berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan pembelian pakaian merek Anyway, (2)kekuatan asosiasi merek (X2) berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan pembelian pakaian merek Anyway, (3) Keunikan asosiasi merek (X3) berpengaruh positif  terhadap pengambilan keputusan pembelian pakaian merek Anyway dan (4) Keunggulan asosiasi merek (X1), kekuatan asosiasi merek (X2) dan keunikan asosiasi merek (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan pembelian pakaian merek Anyway pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.


Keywords


Brand Image, Pengambilan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alfian B. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova pada PT. Hadji Kalla cabang Polman.Skripsi.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.

Dwityanti. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen terhadap Layanan Internet Banking Mandiri. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Kelima. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Istiyono, dkk. 2007. Pengaruh Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan Telkomnet Instan terhadap Minat Pembelian Telkomnet Speedy. Proceeding Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil). Vol.2.

Kotler, Philip. 2012. Marketing Management. Pearson education Asia Pte, Ltd. & Jakarta: PT Prehallindo.

Rangkuti, Ferddy. 2002. The Power of Brand: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, Leon G., & Leslie Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behavior 7th ed., Prentice Hall: International.

Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Total Quality Service, Yogyakarta: CV Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International