PENGARUH PENDIDIKAN, KONDISI EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT STUDI S2 MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNY

Tri Wiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua, kondisi ekonomi orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan studi ke jenjang S2 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto.Variabel penelitian ini adalah minat melanjutkan studi ke jenjang S2, latar belakang pendidikan orang tua, kondisi ekonomi orang tua dan lingkungan sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2013 sebanyak 70 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi ganda.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: (1) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan latar belakang pendidikan orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke jenjang S2; (2) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan kondisi ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke jenjang S2; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan studi ke jenjang S2; (4) secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan latar belakang pendidikan orang tua, kondisi ekonomi orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan studi ke jenjang

Keywords


Minat Studi S2, Pendidikan Orang Tua, Kondisi Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sosial

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, Suryadarma D, Hastuti dan Fillaili R. 2006. Verifikasi Ketetapan Sistem Pemantauan Kesejahteraan oleh Masyarakat dalam Penargetan Keluarga Miskin. Hasil Verifikasi di Dua Desa Uji Coba SPKM. Jurnal Smeru Vol. 1 (3), 34-42.

Ali Muhson.2012. Modul Pelatihan SPSS. Diktat. Universitas Negeri Yogyakarta

Arifin dan Kartikawati. 1995. Materi Pokok Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Crow and Crow.1976. Psikologi Pendidikan. Terjemahan Abd. Rahman Aberor. Yogyakarta: Nur Cahaya

Djafar, Fatimah. 2014. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Manajemen Pendidikan Agama, 4. Diunduh pada tanggal 23 Oktober 2017 dari http://download.portalgaruda.org/article.php?

Eysenck, H. J, dkk. 1972. Encyclopedia Psychologi. New York: The MacMillan Company.

Fuad Ihsan. 2001. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Fuad Ihsan. 2003. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Ibnu Aji Sumakta. 2015. Pengaruh Prestasi Belajar, Pendapatan Orang Tua, Ekspektasi Kerja terhadap Minat Melanjutkan Studi ke S2 pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Laely Eka Susanty. 2015. HubunganLatar Belakang Pendidikan dan Kondisi Ekonomi Orang Tua dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Maftukhah. 2007. Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun 2006/2007. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Munib, Achmad. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press

Purwanto. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Soerjono Soekanto. 2001. Sosiologi suara pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta : PT RinekaCipta.

Sukmadinata, N.S. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sunarto. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Yogyakarta: Amus

Supardi, Imam. 2003. Lingkungan Hidup dan Pelestariannya. Bandung: Alumni

Suryabrata, Sumadi. 1988. Psikologi Kepribadian. Bandung: Remadja Karya

Suryabrata, Sumadi. 2007. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Susetya Sumarjo. 1999. Korelasi antara Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar dan Informasi tentang Perguruan Tinggi dengan Minat Masuk Perguruan Tinggi Siswa Kelas III SMK Negeri Kelompok Bisnis dan Manajemen Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Rosdakarya.

Tabrani, Rusyan. 2000. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang No. 12 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan.

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Pasal 19 Tentang Perguruan Tinggi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International