PENGARUH PDRB PER KAPITA, INVESTASI DAN IPM TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN ANTAR DAERAH DI PROVINSI DIY TAHUN 2011-2015

Nita Tri Hartini

Abstract


: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PDRB per kapita, investasi dan indeks pembangunan manusia terhadap ketimpangan pendapatan antar daerah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2011-2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan berupa crosssection 5 Kab/Kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan time series selama 2011-2015. Data diolah dengan analisis data panel dengan regresi fixed effect model. Seluruh variabel penelitian berpengaruh secara simultan terhadap ketimpangan pendapatan. Secara parsial variabel PDRB per kapita berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan, sementara investasi dan indeks pembangunan manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan

Keywords


Ketimpangan Pendapatan; Investasi; Indeks Pembangunan Manusia; Fixed Effect Model

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Lincolin (1997). Ekonomika Pembangunan. STIE YKPN, Yogyakarta

Badan Pusat Statistika. (2015). Laporan Statistik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Diaksesmelalui

http://bps.go.id/website/pdf_publikasi/watermark _Laporan Statistik DIY 2015.pdf, pada tanggal 04 April 2017 pukul 17.00 WIB.

Hadi, Sasana. (2009). Peran Desentralisasi Fiskal Terhadap Kinerja Ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 10, Nomor 1. Universitas Diponegoro.

Kuncoro, Mudrajad. (2003). Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalah, dan Kebijakan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Maqin, Abdul (2011). Analisis Disparitas Pendapatan Antar Daerah di Jawa Barat. Jurnal Trikonomika 6 Volume 2. Universitas Pasundan.

Sholihah, Ni’matush (2013). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Penanaman Modal dan Tingkat Pendidikan Terhadap Disparitas Pendapatan di Provinsi Jawa Timur.

Sjafrizal (2008). Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Padang: Badouse Media.

Sukirno, Sadono. (2015). Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. .

Tarigan, Robinson. (2005). Ekonomi Regional. Medan. Bumi Aksara. Program Penelitian.

Todaro, Michael P., dan Stephen C. Smith. (2003). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Widodo,Tri (2006). Perencanaan Pembangunan: Aplikasi Komputer (Era Otonomi Daerah). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International