ANALISIS DETERMINAN PENDAPATAN TENAGA KERJA SEKTOR PERDAGANGAN DI INDONESIA TAHUN 2014

Riska Ardi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan tenaga kerja sektor perdagangan di Indonesia tahun 2014. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Family Life Survey 5 (IFLS5) tahun 2014 dengan 1.149 sampel terpilih. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pengembangan dari Model Mincer Wage Regression. Metode pengumpulan data yang digunakan metode dokumentasi yang berasal dari RAND (Research and development Corporation). Metode analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan tenaga kerja semakin tinggi tingkat pendapatannya. Tenaga kerja laki-laki memiliki tingkat pendapatan lebih tinggi dibanding perempuan. Semakin bertambah usia tenaga kerja semakin meningkatan produktivitas yang berpengaruh meningkatkan pendapatanya. Status pekerja yang menjadi karyawan mempunyai pendapatan lebih tinggi dibanding tenaga kerja wiraswasta. Bertambahnya pengalaman kerja akan meningkatkan pendapatan marginal tenaga kerja dan pada titik tertentu akan mengalami penurunan.


Keywords


Pendapatan; Tenaga Kerja; Sektor Perdagangan

Full Text:

PDF

References


Amron, Maimun. (2006). Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja serta Upah: Teori serta Beberapa Potretnya di Indonesia. (Staf Pengajar FIS Universitas Negeri Yogyakarta).

Badan Pusat Statistik Indonesia, Sakernas 2010, Situasi Ketenaga Kerjaan Indonesia, No. 77/12/Th. XIII, Jakarta.

BPS. (2011). Survei Angkatan Kerja Nasional. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

BPS. (2012). Statistik Pendidikan 2012. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

BPS. (2013). Survei Angkatan Kerja Nasional. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

BPS. (2014). Survei Angkatan Kerja Nasional. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Duncan, Kevin C. "Gender Differences in the Effect of Education on the Slope of Experience-Earnings Profiles: National Longitudinal Survey of Youth, 1979- 1988."American Journal of Economics and Sociology, Vol. 55, No. 4. (0ct.1996)

Endang Taufiqurahman. (2012). “Pengaruh Pendidikan dan Pengalaman pada Pendapatan Rumah Tangga di Indonesia”. Jurnal. Bandung: Departemen Ilmu Ekonomi FEB Universitas Padjadjaran.

Heni Novita. (2016). ”Analisis Determinan Pendapatan Tenaga Kerja Sektor Industri Di Indonesia Tahun 2014”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Losina Purnastuti, Daru Wahyuni, Mustofa. 2015. Analisis Tingkat Pengembalian Investasi Pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Pitma Pertiwi. (2015). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Priyono, Edy. (2002). Mengapa Angka Pengangguran Rendah di Masa Krisis?: Menguak Peranan Sektor Informal Sebagai Buffer Perekonomian.Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol.1 No.2 Juli 2002.

Ratna, Juwita. (2013). “Kontribusi Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Sektoral Di Kota Palembang”. Jurnal. Palembang: Univesitas Andalas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International