PENGEMBANGAN “VIKO” VIDEO EKONOMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Shilvina Widi Irsanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan video sebagai media pembelajaran, peningkatan minat dan prestasi belajar dalam penggunaan media video. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dikolaborasikan dengan penelitian tindakan kelas. Jumlah subyek sebanyak 32 siswa. Teknik analisis data adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil kelayakan media penilaian ahli materi mendapat total rerata 3,45 atau sangat layak dan ahli media mendapat total rerata 3,27 atau sangat layak, terdapat kenaikan minat belajar dengan kenaikan hasil sebesar 12,25% dari sebelum implementasi sebesar 13 orang atau 40,62% di kategori rendah dan 19 orang atau 59,37% di kategori tinggi kemudian meningkat setelah menggunakan media video sebesar 23 orang atau 71,87%  di kategori tinggi dan 9 orang atau 28,13% kategori sangat tinggi dan terjadi peningkatan prestasi belajar pada siklus I dan siklus II diketahui sejumlah 21% dengan total 81% atau 26 siswa mencapai KKM

Keywords


Media Pembelajaran Video; Minat; Prestasi Belajar

Full Text:

XML

References


ABD Rahmat Azahari. (2014) Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Visual pada Materi Ekonomi Pada Siswa VIII SMP Negeri 1 Barito Timur. Jurnal FKIP. Universitas Palangkaraya.

Ahmad Wildan. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Video Pembelajaran dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di MAN Salatiga. Laporan Penelitian Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Anindita Agustina. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis di SMK Negeri 1 Pengasih. Laporan Penelitian Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Endang Mulyatiningsih. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Ika Risqi Citra Primavera. (2014). Pengaruh Media Audio Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Konsep Elastisitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sahat Siagian. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Unimed. Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Wina Sanjaya. (2013). Penelitian Media Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yogi Nurcahyo Dinata. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Seyegan pada Mata Pelajaran Mengambar dengan AUTOCAD. Laporan Penelitian Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International