PENGARUH PENGGUNAAN TRANSAKSI NON TUNAI ELEKTRONIK DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP SIKAP KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Nizami Inayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan transaksi non tunai elektronik dan lingkungan keluarga terhadap sikap konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode angket (kuesioner). Populasi   dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 96 responden yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa penggunaan transaksi non tunai elektronik dan lingkungan keluarga terhadap sikap konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan ditunjukkan oleh nilai koefisiensi Fhitung 148,047 dengan taraf signifikansi 5%, dengan sumbangan efektif untuk variabel penggunaan transaksi non tunai elektronik sebesar 23,89% dan sumbangan efektif variabel lingkungan keluarga sebesar 52,21%.

Keywords


Transaksi Non Tunai Elektronik, Lingkungan Keluarga, Sikap Konsumtif.

Full Text:

PDF

References


Anurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Suparno. (1993). Program Pengalaman Lapangan, Jakarta: Depdikbud.

Goleman, D. (2005). Emotional Intelligence, alih bahasa, T. Hermaya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mortiboys. 2005. diambil tanggal 03 Desember 2018 dari http://www.pendidikan-

diy.go.id/dinas_v4/?view=v_artikel&id=44 diunduh pada 03 Desember 2018 pukul

:52

Irwanto dan Suryana, Y. (2016). Kompetensi Pedagogik Untuk Peningkatan Dan Penilaian Kinerja Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional, Surabaya: Genta Group Production.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International