EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Adi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan problem posing dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMKN 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMKN Yogyakarta yaitu sebanyak 6 kelas dengan total 191 siswa yang ditentukan dengan teknik sampling purposive sampling menghasilkan 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 61 siswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran problem posing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan hasil uji independent t-test sebesar 0,002 dengan mean difference sebesar 7,46, 2) model pembelajaran model problem posing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil uji independent t-test sebesar 0,002 dengan mean difference sebesar 15,15.


Keywords


problem posing, motivasi belajar, hasil belajar, pembelajaran konvensional, ceramah.

Full Text:

PDF

References


Herman, T. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 48.

Lestari, d. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Mengajarkan Materi Botani yang Terintegrasi pada Siswa Kelas XI SMA. Bioedu.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaha Rosdakarya.

Sitohang, I. L., & Sahat Saragih. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Swasta Methodist Tanjung Morowa. Jurnal Inspiratif, 3.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International