PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN MENGENAI HARGA, LOKASI, DAN KUALITAS PASAR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PASAR PON PURWOKERTO

Wahyudin Wahyudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen mengenai harga, lokasi, dan kualitas pasar baik secara parsial maupun simultan  terhadap minat beli konsumen di Pasar Pon, Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Pasar Pon Purwokerto. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi konsumen mengenai harga terhadap minat beli konsumen di Pasar Pon Purwokerto; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lokasi terhadap minat beli konsumen di Pasar Pon Purwokerto; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pasar terhadap minat beli konsumen di Pasar Pon Purwokerto 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi konsumen mengenai harga, lokasi, dan kualitas pasar secara bersama-sama terhadap minat beli konsumen di Pasar Pon Purwokerto.


Keywords


persepsi konsumen mengenai harga, lokasi, kualitas pasar, minat beli konsumen

Full Text:

PDF

References


Indroyono, Puthut. (2013). “Revitalisasi Pengelolaan Pasar Rakyat Berbasis Ekonomi Kerakyatan”. Yogyakarta: Academic article presented in Center for Economic Democracy Studies. Universitas Gadjah Mada.

Kemendagri Mobile. (2017). Presiden Jokowi Ingin Pasar Tradisional Tak Kalah Dengan Mall. Diakses dari http://www.kemendagri.go.id/news/2017/01/30/ presiden-jokowi-ingin-pasar-tradisional-tak-kalah-dengan-mal/pada tanggal 12 November 2017.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi Kontrol Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Jilid II. Jakarta: Erlangga

Muhson, Ali. (2016). Pedoman Praktimum Analisis Statistik. Yogyakarta: FE-UNY.

Pratiwi, Astika. (2016). Pengaruh Lokasi, Harga, dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Argosari Wonosari. Skripsi Manajemen. FE – Universitas Negeri Yogyakarta.

Puska Dagri. (2015). Laporan Akhir Analisis Arah Pengembangan Pasar Rakyat. Jakarta: Kemendagri.

Satya Dana, Aji. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Mengenai Harga, Kualitas Pelayanan, Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Beli Produk Jasa Hiburan Dan Rekreasi Di Provinsi Yogyakarta. Skripsi Pendidikan Ekonomi. FE–Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zulaikha W, Siti. (2009). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Di Pasar Tradisional. Jurnal. PERFORMANCE: Vol. 9 No. 2 Maret 2009 (p.88-105)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International