PENGARUH BANTUAN MODAL, PELATIHAN KETERAMPILAN, DAN PENDAMPINGAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MUSTAHIK PADA PEMBERDAYAAN ZAKAT, INFAK DAN SHADAQAH BAZNAS KOTA YOGYAKARTA

Putri Rahmanissa Tri Puji Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bantuan modal, pelatihan keterampilan dan pendampingan baik secara parsial dan simultan terhadap peningkatan pendapatan mustahik pada pemberdayaan Zakat, Infak, dan Shadaqah BAZNAS Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 67 mustahik penerima manfaat pemberdayaan  Zakat, Infak, dan Shadaqah BAZNAS Kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat (1) pengaruh positif bantuan modal terhadap peningkatan pendapatan mustahik; (2) pengaruh positif pelatihan keterampilan terhadap peningkatan pendapatan mustahik; (3) pengaruh positif pendampingan terhadap peningkatan pendapatan mustahik; (4) terdapat pengaruh bantuan modal, pelatihan keterampilan, dan pendampingan secara simultan terhadap peningkatan pendapatan mustahik pada pemberdayaan Zakat, Infak, dan Shadaqah BAZNAS Kota Yogyakarta.


Keywords


Bantuan Modal, Pelatihan Keterampilan, Pendampingan, Peningkatan Pendapatan Mustahik, BAZNAS Kota Yogyakarta.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT Rineka Cipta. Badan Pusat Statistik. (2010). Sensus Penduduk 2010. (http://sp2010.bps.go.id/). diakses pada tanggal 15 Desember 2017 _________________. (2017). Jumlah Penduduk Miskin Presentase Penduduk Miskin dan Garis Kemiskinan Indonesia 2011-2017. (https://www.bps.go.id/statictable/2014/01/30/1494/jumlah-penduduk-miskinpersentase-penduduk-miskin-dan-garis-kemiskinan-1970-2017.html). diakses pada tanggal 15 Desember 2017. Hanindito, Dwi Nourma. (22 Juni 2016). LIPSUS: 95 Persen Perekonomian DIY Disumbang oleh UMKM. (http://jogja.tribunnews.com/2016/06/22/lipsus-95-persen-perekonomian-diy-disumbang-oleh-umkm). diakses pada 7 Maret 2018. Korompis, Fransiska R. (2005). Pemberdayaan Sektor Informal : Studi tentang Pengelolaan Pedagang Kaki Lima dan Kontribusinya terhadap Penerimaan PAD di Kota Manado. Tesis. Universitas Sam Ratulangi. Kuncoro, Mudrajad. (2006). Ekonomika Pembangunan : Teori dan Masalah Kebijakan. Yogyakarta: YKPN Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi BAZNAS. (2017). Data BAZNAS dan LAZ. (http://pid.baznas.go.id/daftar-baznas-daerah-laz/) diakses pada tanggal 3 Januari 2018. Sartika, Mila. (2008). Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif terhadap Pemberdayaan Mustahiq pada LAZ Yayasan Solo Peduli Surakarta. Jurnal Ekonomi Islam La Riba, Vol. 2 No. 1, 75-89. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tambunan, Tulus. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia. Todaro, Michael P. (2003). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International