FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Fajar Prasetya Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi daya serap siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA N 1 Sentolo yang dilihat dari faktor lingkungan sekolah, motivasi belajar, dan minat belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitan ex-post facto, asosiatif kausal, dan sensus dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ditunjukkan dengan nilai CR sebesar 5,337 serta nilai P sebesar 0,000; faktor lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar ditunjukkan dengan nilai CR sebesar 3,586 serta nilai P sebesar 0,000; faktor motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar ditunjukkan dengan nilai CR sebesar 3,895 serta nilai P sebesar 0,000; faktor motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya serap siswa ditunjukkan dengan nilai CR sebesar 2,555 serta nilai P sebesar 0,011; faktor minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya serap siswa ditunjukkan dengan nilai CR sebesar 2,540 serta nilai P sebesar 0,011.


Keywords


Daya Serap Belajar Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Iswahyudi, D. (2009). “Definisi Daya Serap”. Diambil dari http://library.um.ac.id pada tanggal 3 Mei 2016. Iswahyudi, D. (2009). “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Simulasi dan Problem Solving Terhadap Peningkatan Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMPN 21”. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang. Larasati, R.A. (2016). “Pengaruh Lingkungan Terhadap Minat Belajar Seni Tari Siswa SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo”. Jurnal Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Yogyakarta. Vol 5. No. 2. Diambil pada tanggal 4 Mei 2018, dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/15531/33/1591. Man. (2015). Hasil Survei Terbaru, Kualitas Pendidikan Singapura Terbaik di Dunia, Indonesia?. Diambil pada tanggal 7 Maret 2016, dari http://serambimata.com/2015/0/18/hasil-survei-terbaru-kualitas-pendidikan-singapura-terbaik-di-dunia-indonesia. Maimuna, B. (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: TERAS. Oktavia, D., Rustiyarso, Salim, I. (2016). “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Sosiologi di SMA Negeri 2 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-14. Oktaviana I. (2015). “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten Batang”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Pratiwi, A., & Haryadi, B. (2013). “Daya Serap Siswa SMK Negeri Di Kota Yogyakarta Pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya”. Jurnal Pend. Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 1. No 2. Diambil pada tanggal 4 Mei 2018, dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/3824/94/414. Roza, N. (2015). “Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Minat Belajar Bahasa Arap Siswa Kelas VIII MtsN Wonokromo, Bantul, Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Siswoyo, D., dkk. (2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Syah, M. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Uno, H.B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara. Usman, M.U., & Setiawati, L. (2001). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International