PENGARUH INTERAKSI GURU— SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI SISWA

Diantyastuti Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh interaksi guru dengan siswa dan lingkungan belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA N 1 Wates. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto, asosiatif kausal, dan sensus dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Terdapat pengaruh positif interaksi guru dengan siswa terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA N 1 Wates, dibuktikan dengan nilai b1=0,631 , nilai t=2,743, dan sig 0,008 < 0,05. 2). Terdapat pengaruh positif lingkungan belajar terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA N 1 Wates, dibuktikan dengan nilai b2=0,444, nilai t=2,213 dan sig 0,031<0,05. 3). Terdapat pengaruh positif interaksi guru dengan siswa dan lingkungan belajar secara simultan terhadap minat belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA N 1 Wates, dibuktikan  nilai R=0,510, nilai R2=0,260.


Keywords


Minat Belajar Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Andriana, Ade. (2015). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Ma Wasilatul Falah Rangkasbitung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Kadir, A. (2012). Dasar – Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Larasati, R. A. (2016). Pengaruh Lingkungan Terhadap Minat Belajar Seni Tari Siswa SMP Negeri 3 Sentlo Kulon Progo. E-Journal Pendidikan Seni Tari UNY. Vol. 5 No. 2. Roza, Nola. (2015). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Minat Belajar Bahasa Arap Siswa Kelas VIII MtsN Wonokromo, Bantul, Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sardiman. (2012). Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Soraya, Ana (2015). Hubungan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak Tahun 2015/ 2016. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Tambunan, Nurhamidah. (2017). Hubungan Interaksi Guru Dengan Siswa terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTS. AL-HASANAH Medan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International