PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN ELECTRONIC BANKING

Kurnia Audita Christyorini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat menggunakan electronic banking pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 139 responden diambil dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat pendapatan orang tua dan lingkungan sosial secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan electronic banking. Sumbangan Relatif (SR) tingkat pendapatan orang tua sebesar 6,87% dan lingkungan sosial sebesar 93,13% terhadap minat menggunakan electronic banking.  Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 42,80% sedangkan sisanya sebesar 57,20% dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


Tingkat Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sosial, Minat Menggunakan Electronic Banking

Full Text:

PDF

References


Adiyanti, A. I. (2015). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money. Journal. (http://www.ejournal.ub.ac.id)

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Egan, R. (2013). Pengaruh Internet Banking Terhadap Kinerja Perbankan di Indonesia (Studi Empiris Pada Bank yang Listing di BEI). Journal. (http://www.journal.unika.ac.id)

Gerungan. (1991). Psikologi Sosial. Bandung: Eresco

Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset

John, C.O. (1989). Vocational Psycjolohy (The Study of Vocational Behavior and Development). New York: McGraw-Hill Book Company

Kamajaya, D. W. & Seminari, N. K. (2016). Peran Lingkungan Sosial, Ekuitas Merek dan Gengsi Terhadap Niat Beli Konsumen. Journal. (http://www.ejournal.unud.ac.id)

Mahayana, D. (2016). Akankah financial tech menggeser perbankan konvensional?. (https://sharingvision.com)

Muhson, A. (2012). Pelatihan Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Peter, J. P. & Olson, J. C. (2008). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill Book Company

Sari, R. (2013). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kepercayaan, Dan Computer Self Efficacy Terhadap Penggunaan E-Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi, (http://www.eprint.uny.ac.id)

Sartain, A.Q. (1958). Psichology: Understanding Human Behavior. New York: McGraw-Hill Book Company

Sukirin. (1980). Pokok-pokok Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Surna, I. N. (2014) Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga

Widarjono, A. (2015). Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International