KEPUTUSAN PEDAGANG PASAR LEGI YOGYAKARTA YANG MENJADI NASABAH BANK BRI DALAM MEMILIH JASA PINJAMAN MODAL DARI TERAS BANK BRI

Sofwan Makruf

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: pengaruh pelayanan, prosedur kredit secara parsial dan simultan terhadap keputusan pedagang Pasar Legi Yogyakarta yang menjadi nasabah Bank BRI dalam memilih jasa pinjaman modal dari Teras Bank BRI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah nasabah Teras Bank BRI cabang Pasar Legi sebanyak 56 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif pelayanan terhadap keputusan pedagang Pasar Legi Yogyakarta. (2) terdapat pengaruh positif  prosedur kredit terhadap keputusan pedagang Pasar Legi Yogyakarta. (3) Terdapat pengaruh positif pelayanan dan prosedur kredit secara simultan terhadap keputusan pedagang Pasar Legi Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari nilai lebih besar dari  (39,203>3,183), dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Variabel pelayanan dan prosedur kredit secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap keputusan pedagang Pasar Legi Yogyakarta sebesar 59,7%, sedangkan sisanya sebesar  40,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Keputusan Pedagang Pasar Legi, Jasa Pinjaman Modal, dan Teras Bank BRI

Full Text:

PDF

References


Rambat Lumpiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat. Gotleb, Nanette. 2006. Linguistic Stereotyping and Minority Groups in Japan. New York: Routledge. Mudrajad Kuncoro. 2002. Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPEE. Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Umar, Husein. 2005. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International