PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 REMBANG PURBALINGGA

Kiki Winaryo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan kelompok teman sebaya baik secara parsial maupun simultan terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Rembang Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Rembang Purbalingga kelas XI IPS tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah responden sebanyak 97 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Rembang Purbalingga. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Rembang Purbalingga. (3) Terdapat pengaruh status sosial ekonomi dan kelompok teman sebaya secara simultan terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Rembang Purbalingga

Keywords


status sosial ekonomi, teman sebaya, perilaku konsumsi.

Full Text:

PDF

References


Afiati, Bintana dan Kurniawan, RIza Yonisa. 2014. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Kelompok Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IPS MAN Sidoarjo. jurnal pendidikan jkonomi (jupe) vol 2, no 3, (2014) Bahjatussaniah, Yayah, dkk. 2014. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Kelompok Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumsi Siswa. James F.Engel, Roger D.Blackwell, Paul W.Miniard. (1994). Perilaku Konsumen (Edisi ke 6 Jilid 1). Jakarta : Binarupa Aksara. John, W. Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta : Salemba Empat . (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Salemba Empat Mappiare, A, (1982). Psikologi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional Nugroho, J Setiadi. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar. (2008). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta : PT Indeks Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta Syamsu Yusuf. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International