ANALISIS KEUNTUNGAN INVESTASI PENDIDIKAN DI PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (2000-2009)

Narmi Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keuntungan investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY angkatan 2000-2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY angkatan 2000-2009 dengan sampel sebanyak 146 lulusan. Pengumpulan sampel menggunakan metode snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1)Investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi  UNY dihitung menggunakan short-cut method hasil penelitian menunjukkan bahwa private rate of return sebesar 35,6% dan sosial rate of return sebesar 19,92%. Hal ini berarti investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY lebih menguntungkan sebagai bentuk investasi individu, terlihat dari gaji lulusan yang meningkat setelah lulus S1. (2)Investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY dihitung menggunakan reverse cost-benefit method hasilnya menunjukkan bahwa investasi pendidikan dapat dilakukan pada tingkat suku bunga 7,81% karena manfaat yang diperoleh lulusan lebih besar daripada aspek biaya dan kerugian yang akan ditanggung.

                            


Keywords


keuntungan investasi pendidikan, short-cut method, private rate of return, sosial rate of return, reverse cost-benefit method

Full Text:

PDF

References


BPS. (2004). Keadaan Pekerja/Buruh/Karyawan di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik BPS. (2005). Keadaan Pekerja/Buruh/Karyawan di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik BPS. (2006). Keadaan Pekerja/Buruh/Karyawan di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik BPS. (2007). Keadaan Pekerja/Buruh/Karyawan di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik BPS. (2008). Keadaan Pekerja di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik BPS. (2009). Keadaan Pekerja di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik BPS. (2010). Keadaan Pekerja di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik BPS. (2011). Keadaan Pekerja di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik BPS. (2012). Keadaan Pekerja di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik Badan Pusat Statistik. (2017). Indikator Pendidikan 1994-2017. Diakses dari https://www.bps.go.id/statictable/2010/03/19/1525/indikator-pendidikan-1994-2017.html pada tanggal 19 Desember 2017. Mappalotteng, Abdul Muis. (2010). “Keuntungan Investasi pada Berbagai Tingkat Pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makasar”, Jurnal MEDTEK. Volume 2 No 1, April 2010 Mardani. (2017). Data BI Rate 1995-2016.xlsx. Diakses dari https://drive.google.com/file/d/0B-dqeiqQVh66ZnVzRjBBR2hrX2M/view pada tanggal 19 Desember 2017. Pendidikan Ekonomi. (2016). Jurusan Pendidikan Ekonomi. Diakses dari http://fe.uny.ac.id/ jurusan/jurusan-ekonomi pada tanggal 22 Juni 2016. Psacharopoulos, George. (1993). “Returns to Investment in Education: A Global Update”. Policy Research Education and Employment Working Papers. WPS 1067. Latin America and the Caribbean Region. Washington DC: World Bank. Psacharopoulus, George. (1995). “The Profibalitiy of Investment in Education: Concepts and Methods”. Human Capital Development and Operations Policy Working Papper. No. HCO 63. Washington DC: World Bank. Psacharopoulos, George. (2006). “The Value of Investment in Education: Theory, Evidence, and Policy”. Journal of Education Finance. 32(2), 113-136. Sumarsono, S. (2009). Ekonomi Sumberdaya Manusia Teori dan Kebijakan Publik. Yogyakarta : Graha Ilmu Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Supriadi, Dedi. (2010). Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. PT Remaja Rosdakarya, Bandung. Suryadi, Ace. (1999) Pendidikan, Investasi SDM dan Pembangunan: Isu, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International