PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT-ALAT PEMBAYARAN INTERNASIONAL PADA MATERI PEREKONOMIAN TERBUKA

Alfian Furqon Hakim

Abstract


Penenelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan komik digital sebagai media pembelajaran peserta didik dalam memahami alat-alat pembayaran internasional pada materi perekonomian terbuka, (2) Mengetahui kelayakan komik digital sebagai media pembelajaran alat-alat pembayaran internasional pada materi perekonomian terbuka. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi), namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu implementasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran ekonomi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 31 siswa kelas XII IPS MAN 3 Kulon Progo. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan berupa media pembelajaran komik digital yang dapat diakses dari smartphone maupun komputer secara online.


Keywords


Media Pembelajaran, Komik Digital, Alat-alat Pembayaran Internasional

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2015). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2014. [Versi elektronik]. Jakarta: Badan Pusat Statistik. How Southeast Asia Uses Smartphones. (17 Februari 2016). eMarketer. Diambil pada tanggal 10 Agustus 2016, dari http://www.emarketer.com/Article/How-Southeast-Asia-Uses-Smartphones/1013595. Internet Users by Country (2016). Internet Live Stats. Diambil pada tanggal 22 Juni 2016, dari http://www.internetlivestats.com/internet-users-by-country/. Lewis, J.R. (2016). Lewis, J.R.: IBM Computer Usability Satisfaction Questionnaires: Psychometric Evaluation and Instructions for Use. [Versi elektronik]. International Journal of Human-Computer Interaction 7 (1), 57-78. Munadhi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi (GPPress Group). Nielsen, Jakob. (1993). Usability Engineering. London : Academic Press, Inc. Trafton, Anne. (16 Januari 2014). In the Blink of an Eye. MIT News Office. Diambil pada tanggal 2 Januari 2018, dari http://news.mit.edu/2014/in-the-blink-of-an-eye-0116. Widoyoko, S. Eko. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakara: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International