PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MAKRAME SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGEMPLAK

Nurasa Arief Herdiyono

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan model multimedia interaktif pembelajaran
makrame siswa kelas VIII SMPN 1 Ngemplak untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran makrame.
Prosedur penelitian: Pertama, studi pendahuluan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan
bahan materi untuk menentukan materi pembelajaran makrame di kelas VIII melalui SK & KD kurikulum KTSP, RPP,
dan buku ajar. Kedua, perancangan produk melalui pembuatan  flowcart,  storyboard dan alur  cerita, struktur navigasi,
visualisasi desain, dan penyusunan produk. Ketiga validasi produk, oleh ahli materi, ahli media, guru keterampilan, dan
siswa sebagai objek uji coba. Analis data penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Data diabsahkan dengan
triangulasi oleh ahli media, ahli materi, guru dan siswa. Hasil penelitian berupa produk multimedia interaktif
pembelajaran makrame untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Ngemplak dalam bentuk DVD, yang diolah menggunakan
Adobe Flash CS6, desain produk menggunakan CorelDraw X7, dan video tutorial menggunakan Corel Video Studio Pro
X5. Multimedia interaktif ini berisi materi pengantar, yaitu: pengertian dan sejarah makrame. Materi inti, yaitu: contoh-
contoh karya makrame, alat dan bahan untuk membuat makrame, simpul dasar makrame, dan berkarya membuat gelang
makrame yang disertai video tutorial, sedangkan evaluasi berupa soal pilihan ganda. Desain tampilan materi dilengkapi
dengan gambar-gambar yang berwarna, dan audio musik yang dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih
menyenangkan. Produk multimedia interaktif telah divalidasi oleh ahli materi yang menilai aspek pembelajaran dan
materi/isi, ahli media yang menilai aspek desain tampilan dan pemrograman, guru keterampilan menilai empat aspek
yaitu pembelajaran, materi/isi, desain tampilan, dan kenyamanan penggunaan, hingga akhirnya para ahli menyatakan
bahwa produk multimedia layak digunakan sebagai pembelajaran. Selanjutnya tahap uji coba kepada siswa kelas VIII,
yaitu : Ludvia, Manggar, Drastian, Fina, dan Lutvia. Pada pelaksanaan uji coba ditemukan bahwa penggunaan gambar,
teks, audio dan video dalam multimedia interaktif pembelajaran makrame ini lebih meningkatkan perhatian siswa.
Melalui multimedia interaktif pembelajaran makrame ini ternyata siswa dapat lebih mudah memahami isi materi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.