NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM KUMPULAN PUISI YANG KARYA ABDUL WAHID B.S KAJIAN SEMIOTIK

atikanuari defiliani

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) wujud nilai-nilai religius dalam kumpulan puisi Yang karya Abdul Wachid B.S (2) unsur-unsur puitik yang digunakan untuk mengekspresikan nilai-nilai religius dalam kumpulan puisi “Yang” karya Abdul Wachid B.S.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini berupa kumpulan puisi “Yang” karya Abdul Wachid B.S yang pertama kali diterbitkan dalam tripologi “Kepayang” dan diterbitkan oleh Griya Abadi pada tahun 2011 dengan jumlah halaman 151. Fokus penelitian ini adalah wujud nilai-nilai religius dan unsur puitik yang digunakan untuk mengekspresikan nilai-nilai religius. Data diperoleh dari kumpulan puisi “Yang” dengan teknik baca, simak, dan catat. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data ini diperoleh melalui validasi semantik dan realiabilitas (interarer dan interrater).

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) wujud nilai religius ada tiga yaitu didominasi hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan lingkungan dan masyarakat, hubungan manusia dengan manusia (2) unsur puitik yang menunjukkan nilai religius adalah (a) diksi (b) bahasa kias (c) citraan (d) sarana retorika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.