PENANDA KOHESI DALAM WACANA BERITA “RUBRIK NASIONAL” TRIBUNNEWS.COM

ardian febri anggraeni

Abstract


            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanda kohesi dalam wacana berita "Rubrik Nasional" Tribunnews.com. Adapun tujuannya adalah mendeskripsikan penggunaan penanda kohesi leksikal, kohesi gramatikal, dan makna penanda kohesi gramatikal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.

            Subjek penelitian ini adalah wacana berita "Rubrik Nasional" Tribunnews.com. Objek penelitian ini keseluruhan bentuk penanda kohesi yang terdapat dalam wacana berita "Rubrik Nasional" Tribunnews.com. Hal yang dianalisis adalah penggunaan penanda kohesi leksikal, kohesi gramatikal, dan makna penanda kohesi gramatikal dalam "Rubrik Nasional" Tribunnews.com periode April-Mei 2017. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitasnya dengan menggunakan metode triangulasi teori dan uji reliabilitas intrarater.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai berikut. Pertama, penggunaan penanda kohesi leksikal yang ditemukan adalah berupa a) repetisi ulangan penuh, repetisi ulangan dengan bentuk lain, repetisi ulangan dengan penggantian, b) sinonimi, c) antonimi, d) hiponimi, e) kolokasi, f) ekuivalensi. Kedua, penggunaan penanda kohesi gramatikal yang ditemukan adalah a) referensi persona, demonstratif, komparatif, b) substitusi nominal, frasal, verbal, klausal, c) elipsis seluruhnya dan sebagian, d) konjungsi. Ketiga, makna penggunaan penanda kohesi gramatikal yang ditemukan berupa a) referensi dengan makna pengacuan persona, pengacuan demonstratif, pengacuan komparatif, b) substitusi dengan makna substitusi nominal, frasal, verbal, klausal, c) elipsis dengan makna penghilangan seluruhnya dan sebagian, d) konjungsi dengan makna penambahan sebab-akibat (sebab, karena, maka, makanya), pertentangan (tetapi, namun), Kelebihan/eksesif (malah), Perkecualian/ekseptif (kecuali), konsesif (walaupun, meskipun), tujuan (agar, supaya), penambahan/aditif (dan, juga, serta), pilihan/alternatif (atau, apa), harapan/optatif (moga-moga, semoga), urutan (lalu, terus, kemudian), perlawanan (sebaliknya), waktu (setelah, sesudah, usai, selesai), syarat (apabila, jika/demikian), cara (dengan, begitu).

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.