EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOGA DASAR DI SMK NEGERI 1 KALASAN

Retno Fauziyah, Titin Hera Widi H, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) nilai rata-rata pretest dan osttest kelas kontrol pada mata pelajaran Boga Dasar, (2) nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen pada mata pelajaran Boga Dasar, (3) perbedaan hasil belajar dari kelas kontrol dengan kelas ekperimen pada mata pelajaran Boga Dasar.  Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X Jasa Boga yang berjumlah 69 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 59,94 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 77,17 masih
lebih rendah dibandingkan kelas ekperimen, (2) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 59,54 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 88,17 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, (3) rata-rata nilai postetest kelas ekperimen > kelas kontrol yaitu 88,17 > 77,17 yang berarti hasil belajar kelas
ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, pada uji paired t-test, hasil yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 penggunaan modul dalam pembelajaran Boga Dasar lebih efektif.

Kata kunci: Efektivitas, Modul Boga Dasar, Hasil Belajar

 


Full Text:

PDF

References


Anwar Ilham. (2010). Pengembanagan

Bahan Ajar. Bandung: Direktori

UPI.

Djarwanto. (2003). Statistik Non

Parametik. Bandung: BPFE.

E Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi

Program Pembelajaran. Pustaka

Pelajar: Yogyakarta.

Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode

Penelitian Terapan Bidang

Pendidikan. Bandung. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i3.3164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1