PERSEPSI GURU PEMBIMBING TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL TAHUN 2016 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SE-KABUPATEN SLEMAN

Yulia Erik Saputri, Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pembimbing tentang keterampilan mengajar mahasiswa PPL tahun 2016 program studi pendidikan administrasi perkantoran di SMK se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pembimbing mahasiswa PPL tahun 2016 program studi pendidikan administrasi perkantoran di SMK se-Kabupaten Sleman yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan validitas atas dasar pertimbangan (expert judgement) dari ahli/pakar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru pembimbing tentang keterampilan mengajar mahasiswa PPL yang meliputi aspek-aspek yang diteliti yaitu: 1) keterampilan membuka pelajaran masuk dalam kategori kurang baik sebesar (41,18%); 2) keterampilan menutup pelajaran masuk dalam kategori baik sebesar (41,18%); 3) keterampilan menjelaskan masuk dalam kategori kurang baik sebesar (41,18%); 4) keterampilan bertanya masuk dalam kategori baik sebesar (58,82%); 5) keterampilan memberikan penguatan masuk dalam kategori baik sebesar (52,95%); 6) keterampilan mengadakan variasi mengajar masuk dalam kategori kurang baik sebesar (47,06%); 7) keterampilan mengelola kelas masuk dalam kategori kurang baik sebesar (47,06%).

 

Kata kunci: Persepsi, Keterampilan Mengajar        


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Peraturan Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2005 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Mulyasa E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ngatman Soewito. (2016). Materi pembekalan pengajaran mikro. Yogyakarta: UNY.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter