PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL UNY PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Arin Nafi Syakdiyah, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UNY Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran sebanyak 96 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL UNY Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta masuk pada ketegori kurang baik. Hal ini ditunjukkan pada jumlah siswa menjawab paling banyak masuk pada kategori kurang baik yaitu sebanyak 48 siswa (50,00%), kemudian siswa yang menjawab dalam kategori baik sebanyak 44 siswa (45,83%), sedangkan jumlah siswa yang menjawab sangat baik dan tidak baik sama-sama sebanyak 2 siswa (2,08%).

 

Kata kunci: Persepsi, Keterampilan Mengajar        


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. (2005). PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Diakses tanggal 29 Maret 2017 dari http://www.peraturan.go.id

Anonim. (2013). PP No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Diakses tanggal 29 Maret 2017 dari : https://hippsi.wordpress.com

Marno. Idris. (2012). Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyatun. (2014). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru. Jurnal PHENOMENON (Volume 4 Nomor 1). Hlm. 81 dan 82.

Pusat Pengembangan PPL dan PKL. (2016). Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: UNY

Pusat Pengembangan PPL dan PKL. (2016). Panduan Program Pengalaman Lapangan/Magang Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: UNY

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun .(2015). Panduan Praktik Pembelajaran Micro. Yogyakarta: UPPL UNY.

Usman, Uzer. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter