PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA DOKUMEN DAN ARSIP KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA

Mukti Aji Wijaya, Joko Kumoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar, (2) meningkatkan minat belajar siswa pada Standar Kompetensi Mengelola Dokumen dan Arsip, (3) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Problem Posing Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PIRI 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus ada empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran Mengelola Dokumen dan Arsip dan siswa kelas X AP SMK PIRI 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan data kuantitatif dalam persentase. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan kelas pada penelitian ini adalah apabila diperoleh skor minimal 75% di akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) metode Problem Posing dapat meningkatkan motivasi belajar. Siklus I motivasi belajar sebesar 73%, pada siklus II menjadi 82%. (2) metode Problem Posing dapat meningkatkan minat belajar. Siklus I minat belajar sebesar 70%, pada siklus II menjadi 84%. (3) kendala-kendala yang dihadapi antara lain: waktu yang digunakan dalam pembelajaran lebih banyak untuk membuat soal sehingga materi yang disampaikan lebih sedikit dan perencanaan guru sebelum pembelajaran harus lebih banyak.

Kata kunci: Metode Problem Posing, Motivasi Belajar, Minat Belajar


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

John, M. Echol, dkk. (1995). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Kartono, K. (1995). Bimbingan Belajar di SMU dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta:Prenada Media Grup.

Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyanto. (2008). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma.

Suharsimi, Arikunto. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutiarso, S. (1999). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Aritmatikan Siswa Kelas VIII SMP N 18 Malang. Tesis: IKIP Malang.

Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

UU No. 20. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter