AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARI WISATA DAN PENDIDIKAN DI MUSEUM H. M. SOEHARTO

Siti Arfianti Khatijah, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas Public Relations untuk meningkatkan daya tarik wisata dan pendidikan di Museum H. M. Soeharto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian terdiri dari informan kunci yaitu Sekertariat dan Humas Museum H. M. Soeharto dan informan pendukung yaitu Wakil Pengelola Museum dan Edukator Museum H. M. Soeharto. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap dengan langkah-langkah adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tiangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Pencarian fakta/masalah (fact finding) melalui komunikasi publik secara langsung maupun tidak langsung. (2) Perencanaan (planning) yaitu: menentukan sasaran, kemudian menentukan media sosialisasi, tahap selanjutnya menjalin kerjasama dengan dunia pendidikan, biro perjalanan, serta komunitas-komunitas, dan yang terakhir merencanakan sosialisasi. (3) Pelaksanaan aktivitas public relations di Museum yaitu melaksanakan apa yang sudah direncanakan pada tahap perencanaan melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan Museum. Kegiatan yang diadakan oleh Museum antara lain: perayaan hari ulang tahun Museum, bedah buku apabila ada buku baru mengenai Pak Harto, mengikuti pameran dan seminar yang diadakan BARAMUS dan Dinas Kebudayaan. (4) Evaluasi (evaluating) antara lain: evaluasi kegiatan, evaluasi bulanan, dan evaluasi selanjutnya melalui buku kritik dan saran dari pengunjung Museum.

Kata kunci: aktivitas, public relations


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amir Sutarga. (2000). Museum dan Pelayanan Kepada Masyarakat. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Firsan Nova. (2011). Crisis Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.

http://www.kompasiana.com/ariog/istimewanya-daerah-istimewa-yogyakarta54f97f01a333111a648b477c diakses pada tanggal 28 Juli 2016, pada pukul 13:00 WIB.

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/02/01/o1vcl0372-kunjungan-wisman-2015-capai-104-juta-gipi-apresiasi-kinerja-kemenpar diakses pada tanggal 28 Juli 2016 pada pukul 13:30 WIB.

Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 Tentang Museum

Rachmad Kriyantoro. (2008). PR: Media Public Relations Membangun Citra Korporat. Jakarta: Kencana.

Rhenald Kasali. 2003. Manajemen Publicrelations: Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter