HUBUNGAN MINAT PROFESI GURU DAN SIKAP KEGURUAN DENGAN KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Fitri Handayani Setiyadi, Siti Umi Khayatun Mardiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan antara minat profesi guru dengan kesiapan mengajar; (2) mengetahui hubungan antara sikap keguruan dengan kesiapan mengajar; (3) mengetahui hubungan antara minat profesi guru dan sikap keguruan dengan kesiapan mengajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 90 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat profesi guru dengan kesiapan mengajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,638 dan nilai signifikansi 0,000<0,05 yang berarti signifikan; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap keguruan dengan Kesiapan Mengajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,354 dan nilai signifikansi 0,000<0,05 yang berarti signifikan; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat profesi guru dan sikap keguruan secara bersama-sama denganĀ  kesiapan mengajar yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,428 dan nilai signifikansi 0,000<0,05 yang berarti signifikan dengan sumbangan efektif 42,79%.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA Andi Mappiare. (2012). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional. Ayuni, Yunita. (2013). Hubungan antara Minat Profesi Guru dan Sikap Kegururan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2010 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Bimo Walgito. (2013). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta. Pemerintah Republik Indonesia. (1945). Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alenia Keempat. Tentang Tujuan Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Guru dan Dosen (UUGD) No. 14 Tahun 2005 Pasal 10 Ayat (1). Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Slameto. (2012). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Widihastuti, Ening. (2013). Pelaksanaan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dalam Pengajaran Mikro Tahun 2013. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter